Cara Menjalani Diet Tanpa Rasa Lapar Berlebih

Cara Menjalani Diet Tanpa Rasa Lapar Berlebih

Gimana ya Caranya Biar Bisa MAKAN TERUS tapi TETAP SINGSEEET

Merasa lapar saat menjalani diet adalah hal wajar karena tubuh menerima asupan kalori yang lebih rendah dari kebutuhan normal. Namun tak jarang rasa lapar berlebih memicu kita untuk melakukan sabotase terhadap usaha membatasi pola asupan seperti mengonsumsi makanan atau minuman dengan kalori yang lebih tinggi. Hasilnya, tidak ada penurunan berat badan yang signifikan walaupun sudah “diet” dalam waktu yang lama.

Pada dasarnya, rasa lapar berlebih muncul karena tubuh tidak terbiasa, atau kalori yang dikurangi selama diet terlalu banyak. Padahal yang dibutuhkan selama diet adalah membentuk pola makan baru yang lebih sehat dengan kalori lebih sedikit. Berikut beberapa tips mencegah rasa lapar berlebih mengganggu diet Anda:

  • Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Apakah anda memiliki masalah dalam memuaskan nafsu lapar? Jika iya, cara diet tanpa lapar dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi protein. Mengingat protein menjadi solusi seseorang dalam memuaskan nafsu makan yang berlebih terhadap lemak dan karbohidrat.

Jadi untuk bisa menjalankan program diet dengan baik dan memberi hasil yang diinginkan. Oleh karena itu, harus ada makanan yang tinggi protein dalam menu diet anda seperti kacang-kacangan, biji-bijian, telur, ikan, daging sapi dan daging ayam dengan jumlah yang tidak terlalu besar.

  • Lupakan Prinsip Kalori

Prinsip kalori memang ada benarnya dalam menurunkan berat badan, namun prinsip ini melupakan bahwa berbedanya kalori maka proses pembakaran juga akan berbeda pula. Pada prinsip, kalori sering kali hanya memperhatikan lemak dalam program diet rendah kalori.

Sebenarnya ketika 2 orang yang memakan kalori dengan jumlah yang sama, salah satu dari mereka mengkonsumsi lemak dalam jumlah yang lebih besar justru dia lebih banyak kehilangan berat badan. Selain itu efek makanan yang memberi selera dapat menentukan berat badan.

Jadi untuk cara diet tanpa lapar bukan berfokus pada banyaknya makanan yang di konsumsi. Tetapi berfokus kepada kualitas makanan yang dikonsumsi, sehingga bisa membuat anda tahan lapar dalam kurun waktu yang lebih panjang.

  • Makan Makanan Rendah GI (Indeks Glisemik)

Indeks Glisemik (GI) jumlah ukuran proses mempercepat, saat makanan melepas gula ke dalam saluran darah. Pasalnya semakin besar jumlah ukuran GI, maka semakin rendah tingkat kepuasan kita terhadap makanan yang di konsumsi.

Pada tahun 1977 dan 1999 terdapat 20 penelitian yang dipublikasikan, dimana 16 hasil penelitian menyatakan. Makanan yang mengandung GI rendah akan meningkatkan kepuasan seseorang terhadap makanan, selain itu rasa kenyang sesudahnya menjadi lebih lama.

Jadi cara diet tanpa lapar dengan memperbanyak konsumsi kentang, selain itu makanan yang memiliki GI rendah adalah yang berasal dari kacang-kacangan. Sebagian besar buah dan sayuran juga memiliki kandungan indeks glisemik rendah.

  • Makan Pagi (Breakfast)

Makan pagi atau sarapan sebenarnya sangat bagus untuk mencegah makan berlebihan saat di makan siang (lunch), setelah perut kosong dari pagi hari. Journal of Nutrition telah mempelajari hal ini secara formal dan riset yang telah dipublikasikan.
Menurut hasil riset tersebut, orang yang lebih sering makan di malam hari lebih akan mengkonsumsi kalori lebih besar. Sementara orang yang makan di pagi harinya, dia lebih sedikit mengkonsumsi kalori. Oleh karena itu untuk mendapat nafsu makan yang alami, kita harus makan pagi atau sarapan untuk memulai aktivitas.

  • Hindari Makanan Tidak Sehat

Sebagai cara diet tanpa lapar yang paling tepat dengan tidak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, sebab makanan tidak sehat sekarang ini mudah sekali kita temukan di mana-mana dan membuatnya semakin sulit untuk tidak memakan. Sebagai solusinya anda tidak berbelanja ketika perut sedang merasa lapar, serta makan terlebih dahulu sebelum berbelanja.

  • Hindari Makan Makanan Manis

Makanan manis tentu memiliki kandungan gula yang tinggi, sementara gula sendiri menjadi musuh dalam program diet manapun. Pasalnya gula dapat meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, meski insulin berguna untuk menstabilkan gula darah tetapi bisa juga meningkatkan berat badan dan membuat tumpukan lemak.

Bila berlangsung secara terus menerus, maka tumpukan lemak akan terus bertambah dan cara diet tanpa lapar yang anda jalani akan gagal. Saat menghindari makanan manis dengan kadar gula yang tinggi proses diet akan lebih cepat berhasil, selain itu anda juga terhindar dari penyakit diabetes yang menimbulkan penyakit komplikasi bahkan kemungkinan di amputasi.

  • Hindar Makan Porsi Besar

Pada umumnya orang yang sedang merasa lapar, mengalami kesulitan dalam menentukan apa yang di makan dan jumlah makanan yang masuk. Oleh karena itu anda bisa makan di sela-sela waktu makan pagi – siang atau makan siang – malam.

Makanan seperti kacang dan buah-buahan bisa menjadi cara diet tanpa lapar, sehingga saat waktu makan normal anda bisa makan sehat serta porsinya juga tidak terlalu besar. Selain itu makan dengan waktu yang sesuai bisa menurunkan kadar insulin di dalam tubuh. Insulis sendiri merupakan hormone yang menyebabkan berat badan bertambah, dengan menstimulasi produk lemak tubuh.

  • Kurangi Konsumsi Alkohol

Jika ingin kadar kalori di dalam tubuh yang tidak diinginkan, dengan menghindari konsumsi alcohol. Namun untuk anda yang sudah mengkonsumsi alcohol secara rutin menjadi sangat sulit untuk membatasinya, terutama bagi mereka yang merasa persepsi setelah konsumsi alcohol berupa relaksasi dan rasa.

Tetapi bagi sebagian orang yang mengkonsumsi alcohol untuk menghindari rasa haus atau perasaan kelaparan. Oleh karena itu saat merasa haus dan lapar, hindari tempat-tempat yang menyediakan alcohol di dalam menu mereka sehingga cara diet tanpa lapar bisa berhasil.

  • Pakai Piring Kecil Saat Makan

Bila ingin menekan porsi makan lebih kecil dari biasanya akan menjadi sulit jika menggunakan piring yang besar, sebab piring besar akan menimbulkan perasaan tendensi. Dimana seseorang akan mengambil porsi lebih besar dan jumlah yang lebih banyak.

Jadi ketika menggunakan mangkuk atau piring kecil untuk makan, bisa membatasi anda saat mengambil makanan yang dikonsumsi dan porsi makan tidak akan berlebihan. Dengan begitu cara diet tanpa lapar bisa berjalan dengan baik dan porsi makan menjadi lebih stabil.

  • Ganti Karbohidrat Dengan Karbohidrat Kompleks

Bagi yang sudah terbiasa dengan nasi putih, mungkin akan mengalami kesulitan untuk konsumsi karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks seperti nasi merah, jagung, sagu, dan kentang. Bukan hanya itu saja, kandungan karbohidrat kompleks dapat membantu sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

Mengingat kandungan nasi merah memiliki serat lebih banyak di banding nasi putih, maka dengan mengkonsumsi nasi merah bisa menjadi cara diet tanpa lapar. Sementara nasi putih yang mengandung karbohidrat lebih tinggi dari serat, bisa membuat menambah berat badan.

  • Kunyah Makanan Sampai Benar-benar Halus

Ketika ingin makan sebaiknya luangkan waktu lebih banyak, sehingga makanan yang di serap oleh tubuh lebih banyak dan terhindar dari risiko makan terlalu banyak yang mengakibatkan kekenyangan. Pada dasarnya saat makan kita harus mengunyahnya secara merata, dengan begitu makanan benar-benar halus.
Hal ini juga bisa membantu kita untuk tidak menyentuh makanan sisa, sampai makanan yang kita makan benar-benar habis. Selain itu makanan yang benar-benar hancur menjadi mudah proses di dalam tubuh, sehingga rasa kenyang lebih tahan lama.

  • Konsumsi Cabai, Merica dan Lada

Sensasi pedas yang dihasilkan oleh cabai, merica dan lada tidak jauh berbeda, tentunya manfaat yang bisa di terima juga tidak berbeda. Berdasarkan dari beberapa penelitian yang menyatakan cabai dan lada dapat membantu tubuh untuk membakar lemak yang ada di usus besar, sehingga bisa dijadikan cara diet tanpa lapar.

Kalian cukup mencampurkan cabai, merica dan lada ke dalam makanan, bisa pilih salah satu atau menggunakan ketiganya jika kuat terhadap pedasnya. Namun bila tidak tahan terhadap pedas jangan terlalu memaksa, sebab hal ini justru akan memberi dampak buruk yaitu peradangan di usus besar dan membuat anda terkena diare (buang-buang air besar).

  • Perbanyak Minum Air Putih

Pada dasarnya untuk orang dewasa membutuhkan air putih sebanyak 2 liter dalam 1 hari. Mengingat air putih dapat membantu metabolisme untuk lebih lancar, sehingga menurunkan berat bada menjadi lebih cepat. Oleh karena itu konsumsi air putih 8 gelas/ 1 hari, bisa menjadi cara diet tanpa lapar yang ampuh dan aman.

  • Temukan Obat Pelangsing Yang Alami

Berdasarkan beberapa penelitian psikologis menemukan setiap orang memiliki metabolisme tubuh yang berbeda terhadap makanan yang di konsumsi. Misalnya orang seseorang lebih baik metabolismenya saat mengolah makanan berlemak, sementara olah lain sangat baik saat mengolah karbohidrat.

Oleh karena itu, cara diet tanpa lapar yang tepat dengan menyesuaikan kondisi tubuh kita, selain mendapat hasil yang maksimal dalam menjalani diet juga tidak akan mengalami kesulitan. Misalnya dengan mengkonsumsi obat pelangsing yang berbahan alami yang akan membantu proses metabolisme tubuh kita menjadi maksimal.

  • Cara Diet Tanpa Lapar Versi Selebriti Hollywood

Selebriti Hollywood memiliki bentuk tubuh langsing yang ideal, ternyata hal ini mereka dapat dengan melakukan program diet. Meski belum pasti akan berhasil, namun bisa anda coba, melihat hasil yang mereka dapatkan.

1. Lunch Box Diet

Cara diet tanpa lapar ini sebenarnya sama saja makan seperti biasa hanya tempat makan pagi, siang dan malam menggunakan ukuran kotak bekal. Tentunya dengan isi yang sehat terdiri dari 10% lemak, 30% protein dan 60% sayuran. Beberapa selebritis Hollywood yang sudah berhasil yaitu Cameron Diaz dan Keira Knightley.

2. Cuka Apel Diet

Pada umumnya orang yang memiliki masalah obesitas memiliki nafsu makan sangat besar, sehingga untuk menekan nafsu makan anda bisa konsumsi cuka apel terlebih dulu. Cuka apel bisa ditemukan di supermarket dan takarannya 1 sendok makan. Artis Hollywood yang sudah berhasil yaitu Fergie ‘Black Eyed Peas dan Heidi Klum.

3. Baby Food Diet

Cara diet tanpa lapar ini mengharuskan seseorang memakan makanan sehat, dengan ukuran porsi bayi atau jumlah makanan yang sedikit. Menu makanan seperti nasi atau kentang, sayuran dan pilih salah satu antara ikan, daging ayam atau sapi. Arti yang secara terang-terangan menggunakan program diet ini adalah Denise Richard dan Uma Thurman

4. Cookie Diet

Artis yang paling gemar melakukan cara diet tanpa lapar ini adalah Jennifer Hudson, dimana seseorang hanya mengkonsumsi 5 – 10 cookie dalam satu hari dengan kalori sebanyak 500 – 600. Selain itu diet ini juga memperbolehkan makan daging dan sayuran dengan kalori 300, namun harus menghindari konsumsi karobihidrat.

  • Menu Diet Tanpa Rasa Lapar

Diet bukan berarti tidak makan sama sekali, sebab makan menjadi kebutuhan pokok untuk manusia dan bisa membuat tubuh terkena penyakit yang lebih parah. Cara diet tanpa lapar yang baik adalah dengan mengatur pola makan, oleh karena itu anda bisa mengikuti menu diet tanpa rasa lapar berikut.

1. Breakfast (makan pagi)

Seperti yang sudah kita jelaskan di atas mengenai pentingnya breakfast atau makan pagi atau sarapan, mengingat ini menjadi awal setelah semalam tidak makan. Walaupun begitu anda juga harus memperhatikan yang dimakan, maka menu yang tepat yaitu ½ buah apel, daun seledri, ½ buah kiwi, susu almound, 1 ikat bayam, ½ pisang matang dan blender semua bahan.

2. Lunch (makan siang)

Pada saat makan siang kebanyakan orang yang sedang diet makan porsi besar, dengan tujuan tidak makan di malam hari. Kenyataannya justru membuat malas gerak dan menimbun lemak lebih banyak. Maka cara diet tanpa lapar dengan menu wortel, paprika, tomat kecambah, mentimun dan pilih satu (daging ayam, daging sapi, telur dan ikan).

3. Dinner (makan malam)

Menurut beberapa orang makan malam akan membuat berat badan bertambah, sehingga banyak program diet yang melarangnya dan membuat sulit tidur karena lapar. Maka cara diet tanpa lapar cukup mengatur menu makanan yaitu seledri, kacang hijau, terong dan sayur Peterseli.

 

ATAU .. anda Dapat Mencoba Tips Berikut :

1. Makanlah makanan yang membuat Anda kenyang lebih lama

Di samping jumlah makanan yang dikonsumsi, nutrisi dari makanan adalah faktor yang membuat rasa kenyang lebih lama, salah satunya adalah serat dan air. Serat termasuk dalam karbohidrat kompleks yang lebih tahan lama di dalam saluran pencernaan karena ia sulit dicerna. Sama seperti jenis karbohidrat lainnya, serat dapat menghasilkan energi dan kalori, namun tidak terlalu banyak dan cenderung lebih tahan lama.

Kadar kalori yang tinggi dalam makanan biasanya berasal dari makanan berlemak dan memiliki karbohidrat sederhana seperti gula dan tepung. Sebaliknya, makanan dengan kalori rendah biasanya mengandung banyak serat dan air. Berikut beberapa contoh makanan yang memiliki kalori rendah:

  • Buah dan sayuran, misalnya bayam, brokoli, tomat, wortel, melon, buah berry, dan apel.
  • Berbagai produk olahan susu.
  • Gandum utuh, seperti nasi merah, roti gandum, pasta gandum, dan popcorn.
  • Kacang-kacangan.
  • Daging tanpa lemak (lean meat) dari ayam dan sapi dan ikan (terutama ikan salmon).

Di samping serat, konsumsi daging dan ikan memiliki kandungan lemak baik seperti omega-3, EPA, dan DHA yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, nutrisi ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan jantung, otak dan kesehatan kulit.

2. Tetap makan banyak, namun batasi kalori dari minuman

Mungkin hal ini tidak menjadi pertimbangan Anda saat berdiet, tetapi pada kenyataannya jumlah kalori dari minuman juga bisa cukup tinggi, bahkan bisa melebihi kalori total dari makanan Anda. Minuman yang memiliki rasa manis seperti sirup dan jus dalam kemasan, minuman bersoda, dan minuman kemasan yang mengandung susu, termasuk memiliki kalori yang tinggi. Sebagai gantinya, cobalah minuman seperti jus buah yang memiliki gula alami dari buah-buahan. Air putih juga lebih baik dikonsumsi karena tidak memiliki gula tambahan. Dengan begitu, anda tidak perlu mengurangi jumlah makanan yang terlalu banyak dengan mengurangi konsumsi kalori dari minuman manis.

3. Lakukan berbagai tips ini supaya porsi makan lebih terkontrol

Porsi makanan yang kita ambil saat makan menentukan seberapa banyak yang kita habiskan. Porsi yang terlalu banyak akan memicu kita untuk makan berlebih. Berikut beberapa tips untuk mengatur porsi makanan anda:

  • Jangan memakan langsung dari kemasan atau toples makanan. Ambil porsi lebih sedikit dan letakkan di tempat makan.
  • Biasakan konsumsi air putih sebelum makan, cukup sekitar 250ml akan mencegah Anda untuk makan terlalu banyak.
  • Jika porsi terlalu besar saat di restoran atau tempat makan, sediakan tempat makan atau box takeout untuk membagi porsi makanan untuk makan di tempat dan untuk dibawa pulang.
  • Saat Anda memasak makanan sendiri, campurkan sayuran sebagai bahan masakan.
  • Makan makanan Anda perlahan dan sertakan minum air putih saat anda mengunyah.
  • Saat mengemil, pilihlah makanan yang memiliki kulit, seperti kacang dan buah jeruk, sehingga Anda tidak memakan terburu-buru.
  • Jauhkan benda yang mengalihkan perhatian Anda dari makanan saat makan, seperti TV atau handphone. Hal ini dapat menyebabkan Anda kurang menikmati makanan dan cenderung ingin menambah makanan setelah usai makan.

4. Jangan melewatkan waktu makan

Melewatkan waktu makan malah akan membuat Anda cenderung kelaparan dan dapat membuat Anda makan lebih banyak pada waktu makan berikutnya. Terutama jika Anda melewatkan makan pagi yang tidak hanya berdampak pada kekurangan energi namun juga menurunkan performa dalam beraktivitas. Waktu makan pada pagi hari adalah waktu yang penting untuk menyediakan energi hingga waktu makan siang, terutama jika Anda melakukan aktivitas yang menghabiskan banyak tenaga.

Dengan melewatkan waktu maka biasanya seseorang akan lebih banyak mengemil hingga waktu makan berikutnya, sehingga konsumsi kalori total harian akan menjadi lebih banyak akibat ngemil dibandingkan kalori dari makan besar.