7 Cara Memasak Telur Untuk Diet Sehat dan Wajib Dicoba

7 Cara Memasak Telur Untuk Diet Sehat dan Wajib Dicoba

[ad_1]

Telur menjadi salah satu makanan alami yang memiliki gizi lengkap, tinggi protein dan bebas karbohidrat serta gula. Kolin yang terkandung dalam kuning telur ternyata juga menjadi sumber nutrisi untuk mengaktifkan sel tubuh, fungsi hati dan juga peredaran di dalam tubuh dan kandungan kolesterolnya juga rendah tidak seperti yang kita bayangkan menurut USDA. Sehingga ini membuat seluruh bagian telur sebenarnya sangat bagus untuk kamu konsumsi saat menjalani program diet.

Artikel terkait:

Cara Memasak Telur Untuk Diet

Tidak hanya menyehatkan, namun telur juga sangat nikmat untuk dijadikan menu sarapan, makan siang dan makan malam serta camilan. Kunci terpenting adalah mengkombinasikan bahan telur ini dengan berbagai bumbu, sayuran serta biji-bijian supaya gizi yang kamu peroleh dari telur bisa semakin bertambah. Berikut ini, kami akan memberikan beberapa cara memasak telur untuk menu diet yang menyehatkan dan sangat nikmat untuk kamu konsumsi.

1. Telur dan Kentang Berbumbu

Telur dan Kentang BerbumbuMenu ini sangat cocok untuk dijadikan makanan saat sarapan karena akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Apabila kamu juga pencinta kentang, maka makanan ini menjadi pilihan terbaik untuk kamu coba karena tekstur kentang yang renyah lengkap dengan telur, keju kambing dan saus pedas akan terasa nikmat untuk kamu konsumsi. Dalam makanan ini mengandung serat, potasium dan juga vitamin B6 yang bisa membantu dalam membangun sel, meningkatkan aktivitas sel otak serta aktivitas syaraf dan juga sangat dibutuhkan untuk pemecahan glikogen. (Baca Juga : Gerakan Olahraga Mengecilkan Lengan)

Silahkan kamu siapkan 2 sendok makan minyak zaitun, 2 siung bawang putih cincang kasar, 1 bawang bombay cincang kasar, 3 sendok teh bubuk cabai, 1 sendok teh garam, 1/2 cangkir kaldu ayam atau kaldu sayur, 1 buah tomat dipotong dadu, 6 butir telur, 1 cangkir kentang potong dadu, 2 cangkir kangkung dan 4 ons keju kambing.

Untuk membuat saus, panaskan 1 sendok minyak zaitun dalam panci dengan api yang sedang lalu tumis bawang bombay sampai harum dan lembut dan tambahkan bawang putih, garam, bubuk cabai, kaldu dan juga tomat lalu didihkan selama 15 menit. Masukkan ke dalam blender lalu haluskan dan sisihkan. Panaskan kembali minyak zaitun dengan api sedang lalu masukkan kentang dan bubuk cabai kemudian tumis beberapa menit sampai kentang berwarna kecoklatan lalu tambahkan kembali dengan saus yang sudah di blender dan biarkan mendidih selama 10 menit. Pecahkan telur di dalam panci dan masak kembali selama 10 menit, tambahkan kangkung lalu angkat dari api dan tutup panci sehingga bagian kuning telur akan lembut. Taburi bagian atasnya dengan keju kambing dan sajikan bersama roti gandum kering.

Sponsors Link


2. Breakfast Tacos Dengan Telur

Breakfast Tacos Dengan TelurCara Memasak Telur Untuk Diet selanjutnya adalah dengan mengolah telur sebagai menu sarapan. Untuk kamu pencinta masakan meksiko, menu telur yang satu ini sangat cocok untuk kamu nikmati. Tambahan bumbu cilantro yang segar akan membuat makanan ini terasa ringan dan menyegarkan, sedangkan alpukat akan menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus resiko penyakit jantung.

Silahkan kamu siapkan 4 tortilla jagung kemasan, 4 butir telur, 1 jalapeño cincang, 2 daun bawang iris tipis, 2 buah lobak iris tipis, 1 buah alpukat iris, daun ketumbar untuk garnish, saus nanas dan jeruk nipis. Dalam wajan besar, panaskan tortilla sampai kecoklatan di setiap sisinya lalu bungkus dengan aluminium foil agar tetap panas dan tidak kering. Kocok telur dengan jalapeño serta daun bawang lalu tambahkan garam dan lada lalu masak dalam wajan dan jangan terlalu banyak diaduk supaya tekstur orak ariknya menjadi lembut dan setelah matang dan agak kecoklatan, angkat dari api. Bagi telur dan tuang pada tortilla lalu tambahkan dengan lobak iris, alpukat iris, daun ketumbar dan taburi dengan garam, lada segar serta saus nanas dan perasan air jeruk, sajikan.

Artikel terkait:

3. Telur Panggang Dengan Salsa

Telur Panggang Dengan SalsaAgar sajian telur kamu berbeda dan lebih segar serta gizi yang komplit, maka telur panggang salsa ini layak untuk kamu coba. Perpaduan salsa dari cincangan tomat segar, dada ayam dan juga telur akan membuat menu ini sangat ideal untuk menurunkan berat badan sekaligus menjadi hidangan nikmat untuk kamu konsumsi.

Siapkan 1 cangkir ayam suwir tanpa kulit, 4 butir telur dan juga 1 cangkir tomat segar yang di cincang. Panaskan oven dengan suhu 400 derajat. Tambahkan sedikit olive oil pada ramekin lalu masukkan suwiran ayam dan tuangkan salsa dalam masing-masing cangkir dan pecahkan satu buah telur pada setiap cangkirnya. Tambahkan juga 1 sendok makan krim diatas telur supaya menambah citarasa dari telurnya. Tempatkan ramekin tersebut dalam loyang dan tuangkan air panas pada loyang kemudian panggang sekitar 15 sampai 18 menit, siap untuk disantap.

4. Salad Telur dan Kentang

Salad Telur dan KentangCara Memasak Telur Untuk Diet selanjutnya adalah dengan mengolahnya dengan kentang. Hidangan sederhana ini juga menjadi salah satu masakan telur yang nikmat serta menyehatkan untuk dijadikan menu diet kamu. Tambahan asparagus yang renyah, kentang yang renyah, krim dan bumbu akan membuat hidangan ini sangat nikmat.

Siapkan 1 1/2 pon kentang dibelah dua, 1 asparagus, 1 bawang bombay, 1/3 cangkir minyak zaitun, garam dan merica secukupnya, 3 sendok makan mentega almond, 2 sendok makan cuka apel, 1 sendok teh madu, 3 siung bawang putih parut, 1/2 cangkir basil segar cincang, 2 sendok daun bawang cincang, 4 butir telur, cabe merah cincang atau bubuk secukupnya dan 1/2 cangkir almond panggang cincang.

Panaskan panggangan dengan api sedang lalu masukkan kentang dalam panci besar dan isi dengan air dingin dan didihkan selama 8 menit. Tiriskan kentang lalu lumuri dengan minyak zaitun sebanyak 2 sendok makan dan tambah garam serta lada secukupnya. Rebus telur selama 7 menit lalu dinginkan. Dalam mangkuk, campur 1/3 cangkir minyak zaitun, mentega almond, cuka apel, madu, bawang putih, kemangi, daun ketumbar serta sedikit lada dan garam, sisihkan. Panggang kentang yang sudah dilumuri minyak zaitun 1 menit untuk setiap sisi sampai berwarna kecoklatan. Lumuri juga asparagus dengan minyak zaitun, garam dan lada lalu panggang dan potong-potong agak besar. Tambahkan kentang panggang, potongan asparagus ke dalam saus dan aduk sampai rata. Kupas telur dan belah menjadi 2 bagian. Susun salad dalam mangkuk dan taburi dengan cincangan kacang almond, telur rebus dan cincangan daun bawang, sajikan.

Artikel terkait:

5. Telur Panggang Dalam Mug

Telur Panggang Dalam MugSajian ini terbilang sederhana dan mudah untuk dibuat dan memenuhi kebutuhan protein kamu saat sarapan. Cara membuatnya juga mudah dan cepat yakni sekitar 5 menit sehingga cocok untuk kamu yang tidak punya banyak waktu untuk memasak. Siapkan 2 buah telur, 2 sendok makan susu, 2 sendok makan keju cheddar parut serta merica dan garam secukupnya.

Oleskan mug tahan panas dengan minyak zaitun lalu masukkan telur dan susu ke dalam mug dan kocok dengan garpu lalu panggang dalam microwave selama 45 detik. Taburi dengan keju parut dan tambahkan garam serta merica secukupnya, siap untuk disajikan hangat.

Sponsors Link

6. Fritata

FritataCara Memasak Telur Untuk Diet berikutnya adalah fritata yang merupakan sajian nikmat dan komplit nutrisi karena menggunakan bahan tambahan sayuran, aneka seafood, keju dan daging. Menu ini cocok untuk dijadikan menu sarapan atau makan malam menu diet kamu.

Siapkan 4 butir telur, seperempat cangkir susu, jus tomat taau bisa diganti kaldu, daging ayam, keju parut serta makanan laut seperti udang atau ikan, bayam, kangkung, brokoli dan berbagai jenis sayuran kesukaan kamu. Kocok telur dengan susu serta ladu atau jus tomat lalu tambahkan dengan potongan daging, keju, sayuran serta aneka seafood. Panaskan olive oil dengan api sedang lalu tuangkan adonan dan masak memakai api kecil selama 10 menit lalu angkat dari kompor dan tutup kemudian diamkan selama 10 menit lagi agar proses pematangan bisa sempurna. Taburi dengan keju parut lalu potong-potong dan siap untuk disajikan.

7. Deviled Eggs

Deviled EggsUntuk membuat deviled eggs, kamu harus menyiapkan 6 butir telur rebus yang sudah dikupas dan potong memanjang, 1/4 cc yogurt yunani polos, 2 sendok teh dijon mustard, 1/4 sendok teh lada dan potongan paprika untuk hiasan. Didihkan telur sampai matang dan tambahkan sedikit garam dalam panci sehingga akan mudah saat dikupas lalu matikan kompor dan tutup panci selama 12 menit dan kupas lalu potong memanjang.

Keluarkan kuning telur dan pindahkan ke dalam mangkuk, sedangkan putih telur disusun dalam piring saji. Campur kuning telur dengan yogurt, mustard, lada, garam dan paprika lalu aduk sampai lembut dan tercampur rata. Isikan kembali campuran ini ke dalam putih telur rebus dan taburi dengan cincangan paprika panjang dan siap untuk disajikan.

Artikel terkait:

Beberapa Cara Memasak Telur Untuk Diet ini sangat mudah untuk kamu praktekkan di rumah, memiliki nutrisi yang lengkap dan tentunya sangat lezat sebagai menu diet kamu. Sajian ini juga cocok dijadikan sarapan, menu makan siang dan juga makan malam tanpa perlu khawatir berat badan kamu akan bertambah.

[ad_2]

Source link